SEBELUM MENJUAL, KENALI PEMBELI ANDA

Dulu nya saya karyawan seperti anda, kemudian saya mulai berkarir dibidang penjualan. Dari tahun 2013 saya mulai menjual asuransi, menjual s...

Rabu, 09 Maret 2016

BANGKRUT? BACA INI

Coba ingat2 lagi...

Seberapa sering Anda tidak menghargai uang yang sudah Anda dapatkan dengan jerih payah seolah2 Anda tidak mensyukurinya?

Seberapa sering Anda "selebor" (boros) karena Anda menganggap remeh uang kecil sehingga uang besar pun Anda remehkan?

Seberapa sering Anda stress karena kekurangan uang yang disebabkan oleh ketidakmampuan Anda dalam memanage uang Anda saat ini?

..dan masih banyak lagi

Pertanyaannya, apa yang Saya lakukan saat Bangkrut dulu dalam memanage uang Saya?

PERTAMA TINGKATKAN PENGHASILAN.

buat beberapa income stream (pipa penghasilan). Jangan pernah biarkan hanya ada satu saja, misal: cuma gaji. Cuma 1 bisnis. Cuma 1 sumber. Bahaya! Kalau pipanya patah, gak ada penghasilan masuk rekening kita.

Nah, terus pastikan pipa penghasilan tersebut terdiri dari penghasilan: Harian, Mingguan, Bulanan, Tahunan. Semakin banyak semakin bagus..

KEDUA PERKECIL PENGELUARAN

Caranya? Coba list berapa sih tepatnya pengeluaran bulanan Anda. Jangan pernah keluar uang melebihi budget yang sudah ditetapkan. Disiplin dengan anggaran2 belanja bulanan. Kalau sebulan 3 juta, yaudah 3 juta. Jangan tiba2 naik hanya karena income ikut nambah. Kena penyakit hedonic tredmil..

KETIGA SEDERHANAKAN GAYA HIDUP

Hiduplah sederhana. Apa adanya, bukan ada apanya. Hindari hidup bermewah2an. Belilah yang memang sekiranya dibutuhkan, bukan berdasarkan dorongan keinginan. Kuncinya lagi2: Disiplin.

KE EMPAT, ALOKASIKAN DANA

Maksudnya? Setelah uang masuk, pastikan Anda pinter misah2innya. Misal, untuk Biaya Hidup 20%, Tabungan 20%, Cicilan Utang 20%, Modal Bisnis/Investasi 20%, Investasi Akhirat 20%. Soal nominal persentasinya, terserah Anda... Pokoknya, kudu: DISIPLIN! Kalo sudah ditetapkan.

KELIMA, SEDEKAH

Banyak2 sedekah. Nabungnya di bank langit aja. Nggak akan inflasi. Nggak akan rugi. Nggak akan riba. Riba: DOSA!